Facebook SDK



  Grafika Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah ”Grafika Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.


Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :


Inputan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll

Proses dan Penyimpanan

Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll

Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer


Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu

Kerangka Grafik Komputer Interaktif



Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)

Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library

Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra

Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.


Pemodelan Geometris

Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :


Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.


Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafika Komputer

Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces

Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products


Elemen-elemen Pembentuk Grafik:


Geometri

Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar

Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster

Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)

Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer


perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan

penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer

interaktif;


1. Desain



Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan

pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer

Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil,

bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain.


2. Grafik Presentasi



Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah

grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi


3. Film



Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan

untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing.

Misalnya dalam proses special effect, film animasi


4. Televisi





Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan,

tampilan tiap acara (bumper) , dan lainnya.


5. Game

Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player

dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras

khusus.


6. Pendidikan



Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted

Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan pada

aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang sistem pendidikan,

seperti mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya.

Post a Comment

Previous Post Next Post