Grafika Komputer adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak. Istilah ”Grafika Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan disain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi. Pengguna mengendalikan isi, struktur dan kemunculan objek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback.
Komponen Dasar Sistem Grafik Interaktif :
Inputan : mouse, tablet dan stylus, peralatan force feedback, scanner, live video stream, dll
Proses dan Penyimpanan
Keluaran : layar, printer berbasis kertas, perekam video, non-linear editor, dll
Kegiatan yang Terkait dengan Grafik Komputer
Pemodelan geometris: menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasidandisplay hardware (GraphicsSystem)
Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
Shape/bentuk, Posisi, Orientasi (cara pandang), Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur), Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric(ketebalan/pejal, penyebaran cahaya), Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna) dll.
Dasar Matematika yang Diperlukan dalam Grafika Komputer
Geometry (2D, 3D) : Trigonometry, Vector spaces
Points, vectors, dan koordinat : Dot dan cross products
Elemen-elemen Pembentuk Grafik:
Geometri
Pemrosesan Citra untukDitampilkan di Layar
Hardware Display Grafik :Vektor dan Raster
Vetor (calligraphic, stroke, random-scan)
Raster (bitmap, pixmap), digunakandalam layar dan laser printer
perkembangan teknologi komputer memberikan kemudahan
penggunaan komputer sebagai alat bantu aplikasi grafik komputer
interaktif;
1. Desain
Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan
pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer
Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil,
bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain.
2. Grafik Presentasi
Bidang lain yang berhubungan dengan grafika komputer adalah
grafik presentasi yang dapat berupa cetakan, slide, dan transparansi
3. Film
Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan
untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing.
Misalnya dalam proses special effect, film animasi
4. Televisi
Grafika komputer dalam tayangan televisi juga dapat berupa iklan,
tampilan tiap acara (bumper) , dan lainnya.
5. Game
Berbagai game dapat dijalankan pada komputer PC, video player
dengan monitor TV, dan ada yang menggunakan perangkat keras
khusus.
6. Pendidikan
Komputer sebagai alat bantu pendidikan (Computer Assisted
Instruction) sudah cukup dikenal. Komputer juga digunakan pada
aplikasi-aplikasi bukan pengajaran untuk menunjang sistem pendidikan,
seperti mengolah data, mencatat kehadiran, dan sebagainya.
إرسال تعليق