Facebook SDK



 SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013


1. Bacalah paragraf berikut!
Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan Puiau Morotai di Maluku Utara tersohor Seantero Nusantara dan mancanegara. Namun, kepulauan yang terkenal dengan panorama,  habitat laut, dan tradisi masyarakatnya ditetap­kan sebagai daerah tertinggal di Indonesia tahun 2015-2019. Penetapan tersebut dikarenakan wilayah dan masyarakat di kepulauan tersebut masih dianggap kurang berkembang dibanding daerah lain dalam skala nasional.
Makna istilah tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah pemandangan ....
A.   laut yang indah
B.   alam yang indah
C.   alam yang bebas dan luas
D.   kepulauan yang indah
E.   lingkungan alam


2. Cermatilah teks berikut!
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf adalah….
A.      Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B.       Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C.       Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D.      Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E.       Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?
3. Cermati paragraf berikut!
Dalam lagu Indonesia Raya”, Satu Nusa Satu Bangsa”, Rayuan Pulau Kelapa”, dan Indonesia Tanah Air Beta”, alam Nusantara kita akui dan syukuri, serta keragaman budayanya kita terima sebagai anugerah. Namun, sudah lama alam itu kita khianati. Kita tak mampu lagi mendengar jeritannya. Hati kita yang penuh kepentingan ini terlalu keras untuk mendengar tangisnya. Maka, alam pun menyelinapkan tangisnya di mata kita, memaksa kita mengaku bahwa kita telah bersalah karena menyangkali keragaman kita. Mengapa tangis itu begitu mengharukan? Karena tangis itu bukanlah tangis kita, tetapi tangis kedahsyatan alam Indonesia yang sedang menjeritkan penderitaannya.
         
         Maksud dari kalimat yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...
A. Kita hanya memikirkan kepentingan hidup kita sendiri tanpa peduli kepada nasib orang lain.
B. Masyarakat tidak peduli terhadap nasib tumbuh-tumbuhan yang ada di lingkungan sekitarnya.
C. Sebagian penduduk Indonesia mengambil kesempatan mengeksploitasi hutan di Kalimantan.
D. Masyarakat tertentu memiliki kepentingan secara pribadi akan kekayaan hutan Indonesia.
E. Kita tidak peduli dengan kerusakan alam luar biasa yang telah terjadi di bumi Indonesia.
4. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Abad ini, media sosial seperti facebookbbmpath, dan twitter telah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia. Tiada hari yang terlewatkan tanpa mengecek jejaring sosial. Fenomena memotret menu makanan yang tersaji lebih dahulu sebelum makan, kemudian mengunggahnya ke media sosial sudah menjadi kebiasaan pemuda di negeri ini. Hal tersebut dilakukan agar dikatakan kekinian”. Terlebih saat perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu yang semakin canggih dan merambah pada perangkat ponsel yang jauh lebih fleksibel dalam mengakses dunia maya.
Teks 2
Namun, yang menjadi masalah adalah ketika kita terlalu asyik dengan dunia maya, bagaimana kehidupan kita di dunia nyata? Kebanyakan dari kita cenderung menjadi introver. Mereka yang biasa berkoar-koar saat chatting di dunia maya, menjadi cenderung pendiam di kehidupan sosial. Tidak ada salahnya jika menyebut media sosial mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat” karena kita terlalu sibuk membangun kehidupan di dunia maya. Intensitas mengobrol dengan anggota keluarga berkurang dan saat berkumpul dengan teman, kita sibuk mengecek jejaring sosial. Hal ini tidak bisa kita biarkan terus-menerus karena akan merusak hubungan yang telah lama terjalin di dunia nyata.
         
         Kontradiksi isi kedua kutipan teks tersebut adalah ...
A.   Kebiasaan mengunggah segala aktivitas seseorang di media sosial menjadi gaya hidup masyarakat secara luas di negeri ini.
B.   Perangkat ponsel jauh lebih fleksibel dalam mengakses dunia maya mengakibatkan kita mendapatkan informasi yang lebih luas.
C.   Kecanggihan perangkat ponsel dalam mengakses dunia maya mengurangi intensitas berkomunikasi dengan keluarga.
D.   Perkembangan jejaring komunikasi yang semakin canggih mengakibatkan kita lebih sibuk dengan media sosial.
E.    Kecenderungan pemuda saat ini menghabiskan waktunya mengecek jejaring sosial bersama teman-teman sebayanya.

5. Bacalah teks berikut.
E.         Penyajian pembelajaran  Bahasa Indonesia jenjang SMA.
6. Bacalah dua kutipan teks berita dibawah ini!
Kutipan Teks Berita 1
Sekitar 1.000 relawan dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat bekerja bakti membersihkan sampah di daerah hutan Kota Babakan Siliwangi yang terletak di tengah kota Bandung, Jawa Barat. Kerja bakti tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 18 September 2011. Kerja bakti tersebut dilakukan menyusul rencana peresmian Babakan Siliwangi sebagai hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia.
Kutipan Teks Berita 2     
Babakan Siliwangi, hutan kota seluas 3,8 hektar yang terletak di tengah kota Bandung, akan segera diresmikan sebagai hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia. Peresmian Babakan Siliwangi sebagai hutan kota dunia dilaksanakan pada 27 September 2011 bersamaan dengan Konferensi Lingkungan Anak dan Pemuda 2011. Peresmian tersebut akan dihadiri Wakil Presiden Boediono serta duta besar dari Negara sahabat.
  Kesamaan informasi kedua kutipan tersebut adalah . . . .
A. Berbagai kalangan bekerja bakti membersihkan kota hutan Babakan Siliwangi
B. Keberadaan Babakan Siliwangi diakui oleh dunia
C. Peresmian hutan kota dunia yang pertama ada di Indonesia dihadiri oleh Wakil Presiden dan para duta besar.
D. Hutan Babakan Siliwangi akan dijadikan hutan kota dunia yang pertama di Indonesia
E. Para pelajar bekerja bakti membuat  hutan kota dunia yang pertama
7. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Tenaga kerja yang menjadi andalan pada masa pembangunan ini adalah tenaga kerja yang memiliki profesionalisme, mandiri, dan kreatif. Namun, kenyataannya perbandingan penawaran tenaga kerja lebih besar daripada lapangan kerja yang tersedia. Seharusnya sejak pendidikan formal di SD, anak didik sudah diarahkan…
Kalimat yang tepat untuk melanjutkan paragraf di atas adalah…
A. ke arah yang lebih baik lagi
B. untuk menjadi manusia terampil, ahli di bidangnya, dan mampu menciptakan lapangan kerja baru, sehingga mereka menjadi manusia mandiri
C. untuk masuk ke sekolah yang jenjang pendidikannnya lebih terarah
D. untuk menjadi calon tenaga kerja yang bersedia ditempatkan di dalam dan luar negeri
E. untuk menjadi pekerja yang tidak materialistis
8. Bacalah teks berikut.
Pembentukan tajuk merupakan pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibentuk di ketiak-ketiak daun.
Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut adalah ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam menjelaskan perkembangan tajuk
B. tajuk merupakan pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan tentang tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada penjelasan lain tentang tajuk, misalnya melalui buku
E. kurang ada penjelasan tambahan tentang struktur tajuk
9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun datanglah di hadapan Baginda itu. Setelah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu datang dua laki istri dengan rupa kainnya seperti dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A.      Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B.      Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C.      Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D.      Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E.      Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
10. Bacalah paragraf berikut!
Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan eliji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelunya, stok elpiji melon Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480. 
Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut adalah perhitungan ....
A.       tentang hal-hal yang belum terjadi
B.       tentang hal-hal yang sudah terjadi
C.       rata-rata yang terjadi
D.       rata-rata setiap bulan
E.    permintaan yang akan datang
11. Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!
Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi dapat menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Konflik dalam kutipan  di atas adalah….
A.  Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B.   Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C.   Rasa marah (gelap mata)  kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
D.  Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E.   Opzichter merasa terhina karena istri-istri kuli kontrak menolaknya.
12. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A.  Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B.  Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.
C.  Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.
D.  Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E.   Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.
13. Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju perahu laju
laju sampai ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera

            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut adalah ….


Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat agar menuruti nasihat orang tua
nasihat agar rajin belajar
B.
menganjurkan mencintai tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan nasihat orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan
                 
14. Cermati kutipan cerpen berikut!
Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak saat itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak dapat memerintah dengan baik. Pada saat yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerita rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A.    Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.
B.     Kematian membuat seseorang membenci bahagia.
C.     Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.
D.    Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.
E.     Kematian orang yang disayang meninggalkan duka yang mendalam
15. Cermati kutipan novel berikut!

       Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan baru bisa datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak bernama Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.)

         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah …
A. Amanat dalam cerita disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.
C. Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas.
D. Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita kurang tergambar.
E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.

16. Cermati paragraf berikut!
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap fokus menarik … untuk industri berbasis teknologi tinggi. Kemudahan perizinan menjadi salah satu andalan untuk hal tersebut.
         
         Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
A.   teknologi
B.   energi
C.   kolaborasi
D.   investor
E.    investasi


17. Cermati urutan kalimat Berikut

(1)  Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3)  Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena puso.

     Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)
.
18. Cermati paragraf (tesis) dan kalimat-kalimat argumentasi berikut!
Tesis
Ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan. Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; bukan perkebunan atau peternak besar, perusahaan multinasional pertanian, dan sejenisnya.
Kalimat-kalimat argumentasi
(1)
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: ”Ekonomi dari Rakyat, oleh Rakyat, dan untuk Rakyat.”
(2)
Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung kegiatan produksi dan konsumsi.
(3)
Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi sangat penting bagi negara.
(4)
Siapa saja dapat melakukan transaksi ekonomi dan pemanfaatannya.
(5)
Beberapa transaksi ekonomi harus dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik mungkin.
         
         Kalimat argumentasi yang dapat mendukung tesis tersebut adalah ....
A.   (1) dan (2)
B.   (1) dan (3)
C.   (2) dan (3)
D.   (3) dan (4)
E.    (4) dan (5)
19. Cermati urutan kalimat berikut

(1)  Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3)  Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena puso.

     Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)

20. Bacalah teks berikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

21. Cermati kalimat tanya berikut!
Apakah kita peduli terhadap kelestarian lingkungan alam?
       
         Kalimat perintah yang santun sebagai pengganti kalimat tanya tersebut adalah ...
A.   Tanamkan pada diri Anda keinginan peduli terhadap lingkungan alam!
B.   Sadarkan diri Anda bahwa Anda orang yang harus peduli lingkungan alam!
C.   Tunjukkan jati diri Anda bahwa Anda orang yang peduli lingkungan!
D.   Tunjukkanlah identitas Anda bahwa Anda sangat peduli lingkungan alam!
E.    Buktikanlah kepedulian Anda terhadap kelestarian lingkungan alam!
22. Cermati kutipan cerita berikut!
Pahlawan cilik Bu Aisah adalah anak yang luar biasa. Bintang namanya. Berharap ia akan terang seperti bintang, terang dengan cahayanya sendiri, itulah harapan akan namanya. Dan kini ia telah menjadi penerang untuk keluarganya.
”Bintang sedang apa di situ, mari masuk!!!” sambil menepuk pundak anak tersebut. ”aku tak mau belajar.” dengan logat khas bataknya.
”Belajar itu untuk kau juga nantinya.. biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
(Jendela Cerita Menembus Mimpi, Via Lusinia)

Ubahan cerita tersebut menjadi teks drama adalah  ... .
A.   Bu Aisah       ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!”
       Bintang         ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah       ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
B.    Bu Aisah       Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!             
       Bintang         Aku tak mau belajar!
       Bu Aisah       Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.
C.    Bu Aisah       (sambil menepuk pundak Bintang) ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!”
       Bintang         (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah       ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”
 D.  Bu Aisah       (sambil menepuk pundak Bintang) ”Mari masuk!”
       Bintang      :    ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah      ”Mengapa kamu tidak mau?”
E.    Bu Aisah       (memanggil dengan suara lantang) ”Bintang!
       Bintang         (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”
       Bu Aisah       ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Kau mau jadi orang kaya, kan?”

23. Cermati kalimat berikut.
Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….
Penggunaan ungkapan yang tepat untuk mengisi kalimat di atas adalah ....
A. banting tulang
B. gulung tikar
C. panjang tangan
D. tebal muka
E. angkat tangan

24. Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Kesuksesan di dunia bersifat semu (…) sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, semua tidak akan membantu (…) ajal menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita saat menjalani kehidupan yang kekal di akhirat nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam surga (…) ia telah mendapatkan kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A.       tetapi, meskipun, maka, atau
B.       dan, meskipun, maka, maupun
C.       atau, ketika, maka, dan
D.       tetapi, ketika, meskipun, dan
E.     dan, ketika, meskipun, atau
25. Cermati teks negosiasi berikut!
Pembeli
:
Bu saya mau beli gitar ini, berapa harganya?”
Penjual
:
Kalau gitar yang itu harganya 750 ribu, Nak.”
Pembeli
:
Harganya boleh kurang nggak, Bu?”
Penjual
:
Hmmm, boleh. Mau nawar berapa, Nak?”
Pembeli
:
600 ribu aja Bu, gimana?”
Penjual
:
Wah, harga segitu rasanya tidak bisa, Nak.”
Pembeli
:
Kalau 625 ribu?”
Penjual
:
…”
Pembeli
:
Iya deh Bu, saya setuju, ini uangnya.”
       
         Kalimat berupa pengajuan usulan yang santun untuk melengkapi teks tersebut adalah ...
A.   Wah, nggak bisa. Kemurahan kalau segitu.
B.   Yang benar saja, nawarnya serius tidak.
C.   Naikkan sedikit Nak, 650 ribu Ibu lepas gitar ini.
D.   Niat beli atau tidak Nak, Ibu tidak memaksa.
E.    Nawarnya jangan main-main Nak, Ibu pedagang.
26. Bacalah kutipan drama berikut!
Di ruang depan ada kursi goyang dan kursi tamu. Gusti Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si tua itu tak pernah kelihatan kalau sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang seperti orang kasmaran pura-pura tidak mendengar, padahal aku sudah berteriak, sampai leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan      :           nuna sugere Gusti Biang, kedengarannya seperti ada yang berteriak.” Gusti Biang : …
Wayan            : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang datang.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah tua dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli, malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu kuping tuli?”
Wayan           : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam Bertambah Malam, Putu Wijaya
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam penggalan drama di atas adalah ...
A.  ”Apa saja yang kau kerjakan sampai tak dengar aku memanggilmu?”
B.  ”Leherku sampai putus memanggilmu. Telingamu masih kamu pakai tidak?"
C.  ”Sudahlah tak perlu kau datang, bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”
D.  ”Wayaan...Wayan...selalu saja kau tak mendengar bila aku memanggilmu!”
E.   ”Kemana saja Kau Wayan, setiap kali kupanggil selalu tidak dengar!”

27. Cermati kutipan cerpen berikut!
Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan pada yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia pulang kampung enam bulan lalu.
”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”
”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.
Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan cerita tersebut adalah ...
A.       Makaji          :           ”Separuh umur ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda?”
Azrial                      : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu”
B.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”
               Ayah        :            ”Belum! Akan ayah pikul beban ini selama ayah kuat meracik bumbu.”
C.        Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Ayah                       : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”
D.       Azrial            :           ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk membantu setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung jawab itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Makaji                     : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”
E.        Azrial : (enam bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti membantu kenduri di kampung ini.”
Makaji                    :  ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.

28. Bacalah penggalan karya ilmiah berikut ini!
Pengobatan tradisional menggunakan tanaman obat keluarga (toga) telah menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih memilih menggunakan toga daripada obat-obatan modern. Tidak hanya untuk pengobatan, beberapa toga seperti daun katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Cara pengobatan dan pola makanan yang banyak menggunakan toga ini menyebabkan tubuh lebih tahan terhadap penyakit.
Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas termasuk ke dalam bagian ...
A.      latar belakang
B.       tujuan pembahasan
C.       metode penelitian
D.      pembahasan
E.       kesimpulan

29. Bacalah teks berikut!
Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, deretan siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melakukan koreografi menggunakan benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli tubuh mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung.
Teks tersebut disusun dengan pola ....
A. perbandingan
B. pengklasifikasian
C. penyebaban
D. kronologis
E. keruangan
30. Cermati kedua kutipan berikut!
Teks 1
Pisang merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah warga. Pisang biasa diambil buahnya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung vitamin (A, B6, C, dan E), mineral (mangan, magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, dan potasium), serta karbohidrat. Selain buahnya, seluruh komponen pisang mulai dari daun, jantung, hati, bonggol, bahkan kulit pisang memiliki manfaat bagi kesehatan.
Teks 2
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta, kulit buah naga merah dapat menghasilkan imun. Hal ini dikarenakan kulit buah naga merah memiliki kandungan antimikroba, antivirus, antibakteri, dan antioksidan yang tinggi. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS.
       
         Perbedaan pola penyajian (struktur teks) pada kedua kutipan teks tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
teks pernyataan umum
penegasan ulang
B.
teks penegasan ulang
argumentasi
C.
teks argumentasi
penegasan ulang
D.
tesis
argumentasi
E.
tesis
pernyataan umum





31. Cermati kedua kutipan berikut!
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir adalah Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris ngomongin cewek bernama Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo jangan sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe cowok murahan, itu kata temannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, cowok itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama teman-teman sekolahnya, tapi juga sama anak-anak cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
Persamaan kedua cuplikan cerita di atas adalah ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
32. Perhatikan kutipan teks berikut.
 Prasangka baik saya, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa
di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa doktrin tentang “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” telah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, sejak SLTP atau bahkan
sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.
Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis eksposisi karena ....
A. menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa
B. menjelaskan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa
C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa siswa
D. meyakinkan pembaca tentang perlunya berbahasa baik dan benar
E. mendorong pembaca untuk selalu mencintai bahasa Indonesia

33. Perhatikan kutipan teks berikut.
Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan makanan, mereka
bingung dengan menu-menu makanan yang disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu disebut sebagai orientasi anekdot karena ....
A. mengarahkan pada terjadinya krisis
B. bertokohkan antagonis
C. menjadi unsur konflik utama
D. mengandung kelucuan
E. tidak beralur maju

34. Cermati puisi berikut!
SUJUD
Apakah kau lupa bahwa tanah
adalah bapak dari mana ibumu
dilahirkan, tanah adalah ibu yang
menyusuimu
dan memberi makan
...
dalam kesendirian dalam perjalanan panjang menuju keabadian.
karya: Mustofa Bisri


Larik bermajas yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah ....
A. pohon-pohonan tumbuh subur di sana
B. bebatuan yang dingin
C. aliran sungai yang deras
D. Duduk tertegun di bawahnya
E.  tanah adalah kawan yang memelukmu

35. Cermati kedua teks berikut!
Teks 1
Awan berasal dari uap air yang terkumpul di atmosfer bumi. Kumpulan uap air tersebut mengalami proses kimia alami, yaitu menjadi dingin hingga menyentuh titik kondensasi, sehingga mengubah gas menjadi bentuk cair atau padat, kemudian menggumpal membentuk awan.
Teks 2
Kristal salju memiliki struktur unik, tidak ada kristal salju di dunia ini yang mempunyai bentuk sama. Salju yang sudah turun sejak awal bumi tercipta hingga sekarang, tak ada satu pun yang memiliki bentuk kristal yang sama. Meskipun mempunyai keunikan, salju juga tidak jarang menyebabkan dampak buruk pada pisik maupun materik yang nilainya tidak sedikit.
       
         Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan tersebut adalah ....

Teks 1
Teks 2
A.
kata baku
kata tidak baku
B.
kata tidak baku
kata baku
C.
ejaan tidak baku
ejaan baku
D.
struktur baku
ejaan baku
E.
ejaan baku
kata tidak baku
36. Cermati paragraf berikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam berbagai lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah …
A.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B.  Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D.  Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam berbagai lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E.   Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.

37. Bacalah teks berikut dengan saksama!
Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada November seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan menyebabkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada saat hujan, air akan menyusup ke bagian yang retak karena tanah cepat mengembang. Setelah itu, terjadilah longsor.

Konjungsi yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....
A.   sesaat, sehingga
B.    maka, ketika
C.    lalu, namun
D.   sehingga, akibatnya
E.    maka, seketika

38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
Tepi danau itu bersih, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi aturan kawasan wisata. Jika pengunjung melanggar aturan akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang disediakan.       
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A.  Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.
B.   Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri.
C.   Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.
D.  Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
E.   Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang telah disediakan.

39. Cermati paragraf berikut!
Desa Sukarejo terkenal dengan kerajinan tangan dan barang bekas. Kerajinan itu dibuat dari limbah yang dikumpulkan warga pada ”Bank Sampah.” Sampah itu dipilah sesuai jenisnya, misalnya plastik, kertas, bekas botol minuman, dan lain-lain. Sampah-sampah tersebut dibuat tas, keranjang, bahkan pot bunga. Pihak desa mengkontrak tempat untuk masyarakat melakukan aktivitas. Produk yang dihasilkan kemudian dipasarkan melalui desa, ternyata mampu mensejahterahkan warga desa.

         Pengimbuhan yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring adalah ....
A.   mekontrakmenyejahterakan
B.   mengontrak, mesejahterakan
C.   menkontrak, mengsejahterakan
D.   mengontrak, menyejahterakan
E.    memkontrak, mengsejahterakan

40. Cermati paragraf berikut!
(1) Kita perlu waspada karena media sosial bisa membuat kecanduan. (2) Hal tersebut berpengaruh psikis apabila kita tidak bisa mengontrolnya. (3) Kadang media sosial kita jadikan buku harian untuk mencurahkan segala hal. (4) Kita tidak memiliki ruang pribadi lagi. (5) Segala hal yang kita rasakan dibagi di media sosial.
       
          Pernyataan yang tepat untuk menyatakan kesalahan kalimat tersebut yang disertai alasannya  adalah ...
A.   Kalimat (1), penggunaan imbuhan me- pada kata membuat tidak tepat karena kata tersebut melakukan perbuatan.
B.   Kalimat (2), penggunaan kata berpengaruh sebagai predikat tidak tepat seharusnya mempengaruhi karena dapat diikuti objek.
C.   Kalimat (3), penggunaan kata mencurahkan pada kalimat tersebut tidak tepat karena kata tersebut diikuti pelengkap.
D.   Kalimat (4), penggunaan kata memiliki tidak tepat seharusnya dimiliki karena kalimat tersebut kalimat pasif.
E.    Kalimat (5), penggunaan kata dibagi pada kalimat tersebut tidak tepat seharusnya berbagi karena kata tersebut diikuti pelengkap.




Uraian
41. Cermati teks anekdot berikut!
(1)
Suatu hari yang cerah, matahari terang benderang ada percakapan yang tidak terlalu penting antara guru dengan muridnya.
(2)
Murid
:
Bu Guru diperbolehkan tidak yah orang dihukum sebab perbuatan yang belum dikerjakannya?
(3)
Ibu Guru
:
Iya tidak bolehlah Nak, seseorang itu baru bisa diberi hukuman jika dia sudah melakukan kesalahan.
(4)
Murid
:
Terima kasih ya Bu, saya belum menyelesaikan PR soalnya Bu.
(5)
Ibu Guru
:
Ooo … dasar murid.

a.  Siapakah partisipan utama pada teks tersebut?
b.  Tuliskan nomor kalimat berupa sindiran pada teks tersebut!
c.  Tuliskan nomor kalimat yang merupakan struktur koda dari teks anekdot tersebut!
d.  Mengapa Ibu Guru melontarkan kalimat “Ooo … dasar murid” di kalimat terakhir?
42. Perhatikan kata-kata kunci teks laporan hasil observasi berikut.
Pengertian Wayang-Wayang Kulit-Wayang Wong-Wayang Golek
Susunlah kata-kata kunci tersebut menjadi teks laporan hasil observasi.
43. Perhatikan ilustrasi berikut
Sore hari, Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba suara pintu diketuk.Ketika dibuka ternyata seorang gadis cantik ada di depannya. Dengan heran, Toni bertanya tentang siapa dan ada apa gadis itu datang ke kamarnya. Dengan nada marah gadis itu meminta pertanggungjawaban kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang sakit, akibat kesedihan karena perilaku Toni yang telah mengkhianati cinta adiknya.
Ubahlah teks cerita tersebut ke dalam bentuk drama
44. Perhatikan kutipan teks berikut.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
Berikanlah tanggapanmu berdasarkan kelengkapan struktur teks
45. Cermati kalimat berikut!
a.       Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.
b.      Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia



KUNCI JAWAB SOAL PAKET 2 UJIAN SEKOLAH TAHUN 2020
1. C
2. D
3. E
4. D
5. E
6. D
7. B
8. A
9. C
10. A
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
16. D
17. B
18. A
19. E
20. E
21. C
22. C
23. B
24. C
25. C
26. B
27. D
28. A
29. B
30. D
31. B
32. B
33. A
34. E
35. A
36. B
37. D
38. A
39. D
40. B

Post a Comment

Previous Post Next Post