Facebook SDK

Mengenal Pengulangan “for”

Seperti pada bahasa pemrograman lainnya, Python memiliki mekanisme pengulangan untuk menjalankan pekerjaan – pekerjaan yang berulang. Pada umumnya pengulangan terdiri dua jenis. Ada pengulangan yang terbatas dan tidak terbatas. Pengulangan terbatas biasanya dilakukan pengulangan dari 1 hingga kesekian kali (n kali). Perulangan terbatas menggunakan for. Sedangkan pengulangan tidak terbatas menggunakan while. Dalam pengulangan menggunakan while pengulangan akan terus dilakukan selama kondisional dalam perulangan while tetap dalam keadaan true jika dalam keadaan false maka pengulangan while akan berhenti.

Menyusun Pengulangan dengan “for”

Kita melangkah ke pengulangan yang terbatas dulu yah. Dalam pengulangan for, tidak seperti di bahasa pemorgraman C atau Java yang menggunakan nilai incremental untuk melakukan pengulangan. Di Python, for melakukan pengulangan dengan meng-iterasi elemen dari sebuah list. List ini dapat berisi kumpulan karakter, kumpulan string, kumpulan angka, atau kumpulan data  jenis lainnya yang disediakan Python. (Untuk lebih lengkapnya di bab berikutnya akan dibahas lebih jauh tentang List di Python).

Misal disini ada sebuah list yang berisi [1, 2, 3, 4, 5], ( sebuah list diawali oleh tanda '[' dan ditutup oleh tanda ']' ). Banyaknya elemen pada list tersebut menentukan banyaknya pengulangan yang akan dilakukan saat melakukan pengulangan. Mari kita lihat implementasinya pada kode dibawah ini :

listing : kode pengulangan_1.py

# pengulangan sebanyak 5 kali for i in [1, 2, 3, 4, 5]:
print "Ini pengulangan ke - ", i

Pada contoh diatas, akan dicetak teks “ini pengulangan ke - “ sebanyak 5 kali. Nilai 'i' pada pengulangan tersebut akan selalu berganti nilainya setiap tahap pengulangan dilakukan. Misal ketika pengulangan pertama, nilai 'i' akan berisi 1, ketika pengulangan kedua, nilai 'i' akan berisi 2, begitu seterusnya sampai elemen terakhir. Jika kode diatas dieksekusi akan menampilkan hasil seperti pada gambar dibawah ini :

Selain menggunakan list yang berisi angka, List yang berisi string dapat digunakan juga untuk melakukan pengulangan for di Python. Misal terdapat list yang berisi seperti berikut [“Rawon”, “Nasi Kuning”, “Soto Madura”, “Kupat Tahu”, “Kerak Telor”, “Rendang Batoko”, “Pempek Selam”, “Ayam Betutu”], dalam list tersebut terdapat elemen sebanyak delapan jenis masakan nusantara. Dengan demikian ketika pengulangan for menggunakan list masakan tadi, pengulangan akan dijalankan sebanyak delapan kali. Mari Anda lihat implementasinya pada kode dibawah ini :

listing : kode pengulangan_2.py

# pengulangan sebanyak 8 kali
for i in ["Rawon", "Nasi Kuning", "Soto Madura", "Kupat Tahu", "Kerak Telor", "Rendang Batoko", "Pempek Selam", "Ayam Betutu"] :
print i, " adalah masakan khas nusantara …"

Kode diatas jika dieksekusi akan terlihat seperti gambar dibawah ini :

Sekarang Anda coba contoh terakhir dengan menggunakan string. String pada dasarnya merupakan list karakter. Misal terdapat string seperti berikut “abcde”. Jika string tersebut digunakan pada pengulangan for, maka akan terjadi pengulangan sebanyak lima kali. Coba lihat kode dibawah ini :

listing : kode pengulangan_3.py

# pengulangan sebanyak 5 kali for i in "abcde":
print i, " adalah alfabet"

Kode diatas jika dieksekusi akan terlihat seperti gambar dibawah ini :



Post a Comment

Previous Post Next Post