Facebook SDK



      Untuk menggunakan Python, kita bisa memilih dua cara yang umum digunakan, yaitu lewat Python Interpreter Prompt dan mengeksekusi file Python dari command line. Anda bisa menggunakan interpreter prompt untuk sekedar menulis program kecil, atau menguji coba modul – modul yang dimiliki Python. Untuk menggunakannya jika sistem operasi Anda sudah di-install Python, coba panggil perintah python melalui command line. Dan jika pengaturan path-nya sudah sesuai, akan muncul gambar seperti berikut:


python interpreter prompt 

Untuk keluar dari mode interpreter prompt, gunakan kombinasi ctrl+d atau ctrl+z kemudian tekan
enter.

Lalu jika ingin menggunakan Python tanpa melalui interpreter prompt, Anda bisa menggunakan text editor yang Anda sering gunakan dan simpan file Python dengan ekstensi file *.py .Kemudian atur jarak tab pada text editor tersebut sebanyak empat satuan dan isi tab tersebut diganti dengan spasi atau memilih menu “replace by space”. Berikut adalah beberapa contoh text editor yang bisa digunakan untuk membuat program Python beserta menu untuk pengaturan tab.

Tampilan antarmuka Geany dan tempat pengaturan indentasinya :


Geany dan pengaturan tab-nya

Tampilan antarmuka GEdit dan tempat pengaturan indentasinya :

GEdit dan pengaturan tab-nya


Tampilan antarmuka Komodo Edit dan tempat pengaturan indentasinya :

 KomodoEdit dan pengaturan tab-nya 


Jika Anda belum pernah belajar pemrograman Anda bisa gunakan GEdit atau Geany untuk membuat file Python. Jika sudah pernah belajar pemrograman, Anda bisa pilih text editor manapun sesuai selera.

sekian dari artikel ini, jika ingin tahu cara penginstalnya ataupun tipe data silahkan klik disini :

cara instal python
sintax dasar dan tipe data python



Post a Comment

Previous Post Next Post