Facebook SDK


        
Bermain game bagi pelajar merupakan hal yang pasti dilakukan oleh semua pelajar, tidak peduli laki-laki ataupun perempuan, tidak peduli berapapun usianya dari anak-anak sampai orang dewasa semuanya bermain game. Namun dalam artikel ini saya tidak akan membahas semua tentang game yang dimainkan laki-laki maupun perempuan ataupun lainnya tapi saya akan membahas tentang manfaat game bagi pelajar.

Saat bermain, anak anak secara “langsung” dapat melatih keseimbangan sensorik motorik. Beragam permainan anak dapat mengembangkan dalam segi keterampilan, kecekatan, fokus dan keuletan untuk memenangkan permainan. Bila diasah dengan tepat, akan mendapatkan dampak yang positif bagi perkembangan anak. Pada umumnya, pemikiran orang tua menganggap bahwa sebuah game dikatakan memiliki banyak dampak negatif bagi perkembangan seorang anak, seperti kurang tidur,kecanduan, kurang bergaul, perubahan perilaku. Namun, dalam penelitian bermain game dapat mengembangkan IQ seorang anak selama sebuah game terbatas sebagai hiburan, juga memiliki manfaat positif dalam bermain game antara lain adalah sebagai berikut:

A.   Melatih kemampuan berbahasa


Saat ini, pasar game masih dikuasai oleh pengembang asing, walaupun saat ini kita masih dapat menemukan pengembang game local. Dengan besarnya pengembang game asing, banyak game yang dikemas menggunakan bahasa inggris. Dengan game berbasis bahasa inggris, secara tidak langsung, seorang anak akan belajar bahasa inggris agar dapat memainkan game tersebut. Ini menjadikan game merupakan sarana belajar sambil bermain.

B.   Melatih Logika

Dalam bermain, anak dapat dilatih untuk menggunakan logika, menganalisa masalah serta strategi untuk memecahkan masalah yang dihadapi guna memenangkan game yang sedang dimainkan.

C.  Melatih Kemampuan Spasial


Game dapat berperan untuk melatih kecrdasan spasial anak. Dengan berinteraksi dengan gambar dan ruang, seorang anak dapat mengenal dan mengingat sebuah bentuk visual. Sehingga anak terasah untuk mengingat bentuk visual dan ruang dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Kecerdasan spasial juga berhubungan dengan pemecahan masalah.

D.  Pengenalan teknologi


Dengan bermain game, seorang anak secara tidak sadar sedang dalam tahap pengenalan teknologi

E.   Kemampuan membaca
Dalam memainkan game edukasi, seorang anak secara langsung belajar membaca untuk memainkan sebuah game sehingga seorang anak dapat belajar dengan bermain.

F.   Melatih Kerjasama


Game yang memerlukan lebih dari 1 orang dapat melatih tingkat kerjasama dan dalam kehidupan nyata akan mengurangi sifat egois pada diri seorang anak.

G.  Stimulasi Otak
Dalam memainkan sebuah game, otak bekerja lebih keras untuk berstrategi dalam memecahkan masalah dalam sebuah permainan. Stimulasi otak ini perperan juga dalam melatih kemampuan motorik anak.

H.  Mengembangkan Imajinasi
Visual yang disajikan dalam sebuah game dharuskan memiliki daya tarik yang tinggi sehingga mampu membuat seorang anak tertarik untuk memainkan. Daya tarik visual yang disajakin ini bermanfaat untuk meningkatkan imajinasi visual seorang anak sertah menambah serta membentuk kreatifitas sejak dini.

I.    Mengurangi stres
Tekanan yang didapat dalam belajar di sekolah bisa membuat seorang anak mengalami stres. Dengan bermain game, seorang anak dapat membenamkan diri dan bebas dari tekanan dunia luar untuk sementara waktu.

j.    Menumbuhkan Kreativitas dan Kemampuan Problem Solving
Seseorang yang gemar bermain game biasanya memiliki kemampuan problem solving yang lebih luas.Tidak hanya untuk mencari cara-cara untuk menyelesaikan game dengan cara yang kreatif, bahkan beberapa gamers dapat menemukan bug yang mungkin tidak disadari para developer.


itulah manfaat-manfaat dari bermain game bagi pelajar. Sekarang sudah bisa kan melihat sisi gaming  itu dari sisi yang berbeda dari biasanya. Jadi segala sesuatu itu ada manfaatnya, jangan pernah memandang game dari satu sudut saja tapi harus dari berbagai sudut.

Post a Comment

Previous Post Next Post