1. Pada setiap ilmu pasti membutuhkan yang namanya alat pemahaman agar dapat memahami maksud ilmu yang dipelajari. Ilmu yang membahas tentang nama-nama suatu kalimat dalam tata bahasa Arab dinamakan Ilmu... .
A. Nahwu
B. Shorof
C. Fiqh
D. Qur’an
E. Nujum
2. Urutan yang tepat pada pembagian kalimat dalam ilmu Nahwu adalah ....
A. Fiil - huruf - isim
B. Huruf – fi’il - Isim
C. Isim – Fi’il – Huruf
D. Isim – Huruf – Fi’il
E. Fi’il – Isim – Huruf
3. Kalimat Isim dalam Ilmu nahwu menunjukkan arti sebuah kata... .
A. benda
B. kerja
C. mutiara
D. bijak
E. cerita
4. Kalimat Fi’il dalam Ilmu Nahwu menunjukkan arti sebuah kata... .
A. benda
B. kerja
C. mutiara
D. bijak
E. cerita
5. Lafadz yang tersusun atas dua kalimat atau lebih disebut.... .
A. lafadz
B. murakkab
C. mufidz
D. Wadho
E. kalam
6. Berikut ini susunan kalimat yang sudah murokkab (Tersusun) Kecuali... .
A. قَامَ زَيْدٌ
B. مَرَرْتُ بِزِيَدٍ
C. رَاَيْتُ زَيْداً
D. قَامَ اِنْ زَيْدٌ
E. ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا
7. Tandakalimatfi’il yang berupa تَاءْ نِيْثْ السَاكِنَةْ dan تَاءَ فَاعِلَةْ merupakan tanda kalimat fi’il … .
A. Madhi
B. Mudhori’
C. Amar
D. Nahi
E. Majhul
8. Lafadz شَمْسُ الدِّيْنِ adalah susunan dari tanda kalimat Isim yang berupa … .
A. ال
B. تنوين
C. جير
D. حرف جير
E. مضاف إليه
9. Kalimat yang tidak mempunyai tanda melainkan hanya bentuks aja adalah kalimat ….
A. Lafadz
B. Mufid
C. Huruf
D. Wadha’
E. Murokkab
10. Suara yang mengandung sebagian huruf Hijaiyyah disebut… .
A. Wadho’
B. Lafadz
C. Murokkab
D. Mufid
E. Fi’il
11. Wadho’ bermakna Al-Qosdu (القصد) artinya ….
A. di sengaja
B. sadar
C. menggunakan bahasa arab
D. berkata
E. tersusun
12. Dibawah ini yang termasuk kalimat Fi’il adalah ….
A. أحمد
B. نصر
C. تلميذ
D. المكتبة
E. الكتاب
13. Kalimat isim yang menunjukkan makna untuk laki-laki banyak disebut ….
A. Mufrod
B. Tasniyah
C. Jama’
D. Jama’ mudzakkar salim
E. Jama’ muannats salim
14. Berikut ini merupakan Huruf Qosam (Sumpah) Kecuali….
A. و
B. ب
C. ت
D. ك
E. semuanya benar
15. Kalimat yang berubah dari bentuk mufrodnya disebut….
A. Jama’
B. Jama’ taksir
C. Jama’ mudzakkar salim
D. Jama’ muannats salim
E. Isim tatsniyyah
16. جَاءَ زَيْدٌ Artinya …
A. Zaid telah datang
B. saya bersua dengan Zaid
C. saya telah melihat Zaid
D. saya duduk bersama Zaid
E. saya pergi dengan Zaid
17. Berikut ini termasuk kalimat Huruf, Kecuali….
A. من
B. ب
C. الى
D. فى
E. مسجد
18. وَاللهِ huruf wawu (و) pada kalimat tersebut adalah huruf ….
A. jer
B. dhorof
C. ‘athaf
D. mudhoro’ah
E. qosam
19. Berikut ini termasuk tanda kalimat fi’il adalah ….
A. kemasukan alif lam
B. kemasukan qod
C. di tanwinkan
D. di jerkan
E. huruf khofad
20. Zaman madhi artinya …. dikerjakan.
A. telah
B. sedang
C. akan
D. sudah
E. belum
21. Pada ilmu nahwu, huruf Jeir terbagi menjadi …. bagian.
A. 16
B. 17
C. 18
D. 19
E. 20
22. Lafadz مُتَكَلِّمْ وَحْدَهْ mempunyai arti membicarakan …..
A. orang lain
B. diri sendiri
C. orang laki-laki
D. orang perempuan
E. yang ghoib
23. Lafadz مُذَكَّرْ مُخَاطَبْ mempunyai arti ….
A. membicarakan orang lain
B. membicarakandirisendiri
C. membicarakan orang laki-laki
D. membicarakan orang perempuan
E. membicarakan yang ghoib
24. Lafadz مُؤَنَّثْ مُخَاطَبَهْ mempunyaiarti ….
A. membicarakan orang lain
B. membicarakandirisendiri
C. membicarakan orang laki-laki
D. membicarakan orang perempuan
E. membicarakan yang ghoib
25. ذَهَبْتُ مِنَ الْبَيْتِ اِلَى الْمَدْرَسَةِ Padalafadz yang bergaris bawah huruf Ta’nya (ت) beramal atau berfungsi sebagai ….
A. مُؤَنَّثْ مُخَاطَبَهْ
B. مُذَكَّرْ مُخَاطَبْ
C. مُتَكَلِّمْ وَحْدَهْ
D. تَاءْ نِيْثْ السَاكِنَة
E. اِسْتِفْهَامْ
1.
A
11.
A
21.
D
2.
C
12.
B
22.
B
3.
A
13.
D
23.
A. jer
B. dhorof
C. ‘athaf
D. mudhoro’ah
E. qosam
19. Berikut ini termasuk tanda kalimat fi’il adalah ….
A. kemasukan alif lam
B. kemasukan qod
C. di tanwinkan
D. di jerkan
E. huruf khofad
20. Zaman madhi artinya …. dikerjakan.
A. telah
B. sedang
C. akan
D. sudah
E. belum
21. Pada ilmu nahwu, huruf Jeir terbagi menjadi …. bagian.
A. 16
B. 17
C. 18
D. 19
E. 20
22. Lafadz مُتَكَلِّمْ وَحْدَهْ mempunyai arti membicarakan …..
A. orang lain
B. diri sendiri
C. orang laki-laki
D. orang perempuan
E. yang ghoib
23. Lafadz مُذَكَّرْ مُخَاطَبْ mempunyai arti ….
A. membicarakan orang lain
B. membicarakandirisendiri
C. membicarakan orang laki-laki
D. membicarakan orang perempuan
E. membicarakan yang ghoib
24. Lafadz مُؤَنَّثْ مُخَاطَبَهْ mempunyaiarti ….
A. membicarakan orang lain
B. membicarakandirisendiri
C. membicarakan orang laki-laki
D. membicarakan orang perempuan
E. membicarakan yang ghoib
25. ذَهَبْتُ مِنَ الْبَيْتِ اِلَى الْمَدْرَسَةِ Padalafadz yang bergaris bawah huruf Ta’nya (ت) beramal atau berfungsi sebagai ….
A. مُؤَنَّثْ مُخَاطَبَهْ
B. مُذَكَّرْ مُخَاطَبْ
C. مُتَكَلِّمْ وَحْدَهْ
D. تَاءْ نِيْثْ السَاكِنَة
E. اِسْتِفْهَامْ
1. | A | 11. | A | 21. | D |
2. | C | 12. | B | 22. | B |
3. | A | 13. | D | 23. | C |
4. | B | 14. | D | 24. | D |
5. | B | 15. | B | 25. | C |
Post a Comment