Facebook SDK

 Mungkin beberapa diantara kita mempunyai 2 atau lebih Sistem Operasi di dalam 1 PC / Laptop. Jika menggunakan Linux dan Windows lalu ada saat jika Windows bermasalah dan memerlukan instalasi ulang maka dapat dipastikan GRUB yang tertanam di MBR harddisk akan dihapus oleh Windows. Nah untuk mengembalikan GRUB setelah menginstal Windows7/Vista/Xp sehingga muncul kembali pilihan sistem operasi saat booting. Disini saya menggunakan sistem operasi Backtrack 5 dan Windows 7. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

1. Boot via cd

Saya melakukan boot via live cd .. atau anda bisa menggunakan flash disc atau hdd atau di mana saja live cd backtrack atau linux apa saja terinstall. Perlu kita tahu bahwa kita dapat menggunakan live cd distro apa saja , menurut saya sama saja.

2. Memeriksa keberadaan hdd yang terinstall dengan backtrack live cd

# fdisk -l

3. Buat mount point

Ok kita buat mount point yang nantinya akan kita mountkan partisi backtrack ..

# mkdir /media/root

4. Mount backtrack/linux partisi ke mount point yang tadi kita buat.

Disini Saya Menggunakan sda6, karena partisi backtrack saya ada di /dev/sda7

# mount /dev/sda6 /media/root

kemudian periksa apakah sudah benar 

# ls -ln /media/root

5. Mengisntal grub2

Ok kalau semuanya sudah benar , kita tinggal mengisntal grub agar grubnya kembali

# grub-install –root-directory=/media/root /dev/sda

reboot saja deh .. pasti bisa

Nah timbul masalah baru …backtrack kembali .. sekarang giliran windows yang hilang .. hahaha gimana dong ? gampang .. login lagi pake live cd. Kemudian masukkan perintah ini :

# update-grub2

Post a Comment

Previous Post Next Post