Facebook SDK


 


Dalam kehidupan sehari – hari pasti Anda menentukan pilihan untuk memulai sebuah aksi di pagi hari. “Kalau hari ini ga hujan saya akan main tenis”, “Kalau ada ongkos nanti nonton Man of Steel”, “Kalau ga hujan dan ada ongkos nanti mau pergi makan ramen”. Disadari atau tidak, pengandaian atau kondisional sudah menjadi bagian dari hidup Anda secara otomatis saat sebelum melakukan sebuah tugas.

Dalam pemrograman pun demikian ada mekanisme dimana program akan menentukan aksi – aksi sesuai kondisi dari input atau nilai – nilai yang diproses selama program berjalan langsung. Pemilihan kondisi ini membutuhkan nilai “True” jika aksi yang diinginkan dibawah kondisi tersebut dieksekusi. Jika nilainya “False”, maka akan diperiksa kondisi lain yang sesuai atau akan langsung ke bagian program yang tidak memeriksa kondisi.

Di Python, terdapat beberapa keyword untuk membuat sebuah pemilihan kondisi. Ada if, elif, else. Tidak memerlukan kurawal atau penutup pada blok if tersebut. Sebuah statement akan dianggap blok if jika indentasinya lebih satu tab dari jumlah tab if diatasnya. Sebuah if akan diawali tanda titik dua baru dibawahnya terdapat kode program yang akan dieksekusi jika kondisi terpenuhi.

Dalam membuat pemilihan kondisi Anda juga membutuhkan operator logika (and, not, or) dan perbandingan (==, <=, >=, >, <, <>, !=) untuk menyusun kondisi yang Anda butuhkan.

Berikut adalah contoh penggunaan if di Python. Contoh berikut menggunakan beberapa operator perbandingan untuk melihat hasil perbandingan dua buah angka. Dalam program berikut beberapa kondisi yang terpenuhi akan dieksekusi.


listing : kondisional_1.py
print "Masukkan dua buah angka.."
print "Dan Anda akan check hubungan kedua angka tersebut"


angka1 = raw_input("Masukkan angka pertama : ") angka1 = int(angka1)

angka2 = raw_input("Masukkan angka kedua : ") angka2 = int(angka2)


if angka1 == angka2 :
print "%d sama dengan %d" % (angka1, angka2) if angka1 != angka2 :
print "%d tidak sama dengan %d" % (angka1, angka2)
if angka1 < angka2 :

print "%d kurang dari %d" % (angka1, angka2) if angka1 > angka2 :
print "%d lebih dari %d" % (angka1, angka2) if angka1 <= angka2 :
print "%d kurang dari sama dengan %d" % (angka1, angka2) if angka1 >= angka2 :
print "%d lebih dari sama dengan %d" % (angka1, angka2)

Cobalah berbagai angka sebagai test case dan amati hasilnya. Misal Anda masukkan angka 10 dan 5 Maka hasilnya akan terdapat beberapa kondisi yang dieksekusi :

Penggunaan “else” pada “if”


Keyword else digunakan dalam blok if untuk menampung berbagai kondisi yang berlawanan dengan kondisi pada if sebelumnya. Keyword else ini membutuhkan blok if atau elif diatasnya. Tanpa kedua keyword tadi, else tidak dapat digunakan. Berikut ini terdapat contoh penggunaan else, mari kita coba.


listing : kondisional_2.py

print "Masukkan dua buah angka.."
print "Dan Anda akan check hubungan kedua angka tersebut"


angka1 = raw_input("Masukkan angka pertama : ") angka1 = int(angka1)

angka2 = raw_input("Masukkan angka kedua : ") angka2 = int(angka2)


if angka1 == angka2 :
print "%d sama dengan %d" % (angka1, angka2)
else:
print "%d tidak sama dengan %d" % (angka1, angka2)


cobalah masukkan dua angka berbeda dan amati hasilnya. Misalkan Anda memasukkan angka 10 dan 5 maka akan tampil hasil seperti berikut :



part 1 2

Post a Comment

Previous Post Next Post