Facebook SDK



Mode Pengalamatan
bagaimana  cara   menunjuk dan mengalamati suatu lokasi memori pada sebuah alamat di mana operand akan diambil. Modepengalamatan diterapkan pada set instruksi, dimana pada umumnya instruksi terdiri dari opcode (kode operasi) dan alamat.Setiap mode pengalamatan memberikan fleksibilitas khusus yang    sangat    penting.    Mode    pengalamatan    ini meliputi    direct     addressing,     indirect      addressing, dan immediate addressing

1.Direct addressing


         Dalam mode pengalamatan langsung, alamat langsung dari operand ditentukan oleh instruksi itu sendiri sebagaimana ditunjukkan  di  bawah. Modepengalamatan langsung menggunakan 128 bytes RAM internal yang lebih rendah dan register fungsi khusus (SFR).
Sebagai contoh, instruksi MOV A, Direct, menggunakan alamat langsung dari operand sumber. Maka, MOV A, 54H akan mentransfer konten dari lokasi memori on-chip, yang mana alamatnya adalah 54H di akumulator.
untuk membaca konten dari SFR SBUF ke dalam akumulator, menggunakan instruksi MOV A, SBUF. Perlu dicatat bahwa SFR SBUF memiliki alamat langsung 99H, yang terletak di 128 bytes RAM on-chip yang lebih tinggi.
Kelebihan        :
Field alamat berisi efektif address sebuah operand
Teknik ini banyak digunakan pada komputer dan komputer ecil
Hanya  memerlukan     sebuah referensi          memori            dan      tidak memerlukan kalkulus khusus

Kelemahan      :
Keterbatasan   field     alamat  karena  panjang            field     alamat  biasany lebih kecil dibandingkan panjang word

2.Indirect addressing


         Pengalamatan  register   tidak    langsung    pada    Mikrokontroler  8051 menggunakan salah satu dari register-register R0 atau R1, dari register bank yang telah dipilih, sebagai penunjuk ke lokasi di blok memori data sebesar 256bytes.
Hal tersebut dapat merujuk ke 128 bytes RAM internal yang lebih rendah, (dan 128 bytes RAM internal yang lebih tinggi berkaitan dengan 8032/52), atau 256 bytes memori data eksternal yang lebih rendah
Kelebihan        :
Ruang  bagi     alamat  menjadi           besar    sehingga          semakin           banyak alamat yang dapat referensi

Kekurangan     :
Diperlukan referensi memori ganda dalam satu fetch sehingga memperlambat proses operasi

3.Immediate Addressing

         Mode pengalamatan immediate addressing sangat umum dipakai karena harga yang akan disimpan dalam memori langsung mengikuti kode operasi dalam memori.
Dengan kata lain, tidak diperlukan pengambilan harga dari alamat lain untuk disimpan.
Contohnya: MOV A,#20h.
Dalam instruksi tersebut, akumulator akan diisi dengan harga yang langsung mengikutinya, dalam hal ini 20h. Mode ini sangatlah cepat karena harga yang dipakai langsung tersedia.
Kelebihan        :
Tidak adanya referensi memori selain dari instruksi yang diperlukan untuk memperoleh operand
Menghemat siklus instruksi sehingga proses keseluruhan akan cepat

Kekurangan     :
Ukuran bilangan dibatasi oleh ukuran field alamat

Pengalamatan memory (ADD)

         Register-register pada mikroprosesor 8088 adalah register 16 bit dimana masing-masing hanya menampung 4 digit hexadesimal dan 0000H sampah FFFFH.
Untuk mencatat address memory, maka dipergunakan segment register yang berisi 16 bit dihitung dari kiri, dimana isinya disebut dengan segment dan offset register yang berisi 16 bit dihitung dari kanan dimana isinya disebut dengan offset.

         Cara pengalamatan memory yang dilakukan dalam sistem komputer biasa disebut dengan relative address atau alamat relatif.
Alamat relatif terdiri dari 2 bagian yaitu segment dan offset. biasanya, lamat relatif disimbolkan dengan angka. jika 2 bagian alamat relatif tersebut di  jumlahkan,  maka  akan menghasilkan alamat absolut. Jika ada alamat relatif yang berbeda tapi hasil penjumlahannya atau alamat absolutnya sama, maka di sebut overlapping.

Cara mencari alamat absolut tidaklah terlalu sulit . jika sudah mengerti cara mencari alamat absolut , maka akan terasa agak mudah dalam mencari alamat absolut .
Langkah langkah mencari alamat absolutnya adalah dengan cara mengalikan segment (s x 10) lalu ditambah dengan offset, maka akan ketemu hasil alamat absolut.
berikut adalah contoh mencari hasil alamat absolut :
Diketahui :
segment = 1357 h
offset = 2468 h
maka alamat absolutnya adalah : (segment x 10) + offset
=> (1357 x 10 ) + 2468
=> 13570 + 2468 = 159D8.
maka hasil alamat absolut dari 1357 h : 2468 h adalah 159D8
Menggunakan bilangan heksadesimal (10,11,12,13,14,15) = (a,b,c,d,e,f)

Post a Comment

Previous Post Next Post