Facebook SDK






Untuk memahami kabel STP silahkan baca dulu tentang Pengertian dan Fungsi kabel UTP disini, agar  lebih mudah untuk dimengerti karena kabel STP ini tidak jauh beda dengan kabel UTP, cuma ada sedikit perbedaan dalam desain kabelnya.
Pengertian Kabel STP



Kabel STP adalah singkatan dari Shielded Twisted Pair. Kabel STP adalah kabel yang memiliki 4 pasang kabel yang terpilin artinya ada 8 buah kabel pada STP, dari 8 kabel yang ada hanya 4 kabel saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima, tidak jauh bedakan dengan kabel UTP? 

Untuk memudahkan memahami bisa dilihat dari singkatannya saja sudah bisa kita ambil deskripsi dari kabel STP ini, yaitu Shielded = berpelindung, Twisted = terpilin/membelit, Pair = berpasangan.  Disinilah yang menjadi perbedaan kabel UTP dan kabel STP, kabel STP ini terbuat dari tembaga namun terdapat perlindungan internal di dalamnya (internal shield). Kabel STP dapat digunakan dalam pembuatan jaringan LAN, namun lebih handal dan kokoh dibandingkan jenis lain. 

Kemudian, fungsi pelindung pada kabel STP itu untuk apa?

Seperti yang dijelaskan pada kabel UTP bahwa kabel UTP tidak memiliki pelindung sehingga rentan terkena noise atau crosstalk entah karena faktor internal ataupun eksternal, karena gelombang eletromagnetik. Berarti kebalikannya pada kabel STP ini memiliki pelindung pada lilitan untuk mencegah interferensi dari faktor internal yang berfungsi sebagai pelindung antar kabel yang saling berdekatan karena untuk meminimalisir jika ada data yang saling bertukar, jika kabel saling berdekatan bisa saja saling sikut sehingga merusak data yang dialirkan, walaupun teknologi twisted pair yang ditemukan oleh para ahli bisa dikatakan sebagai teknologi yang bisa mengatasi masalah ini, tapi ini hanya untuk meminimalisir saja. Dalam teknik memilinnya pun tidak sembarangan. Semakin rapat atau semakin banyaknya pilinan maka hasilnya akan semakin baik namun akan menimbulkan efek negatif, semakin banyak pilinan kabel akan semakin panjang kabel yang dibutuhkan artinya akan semakin tinggi cost yang dikeluarkan. Tidak hanya itu, efek lainnya juga bisa terjadi yang namanya attenuation

Apa pengertian attenuation?, 
attenuation adalah efek pelemahan sinyal yang akan mengakibatkan sinyal itu tidak sampai ke tujuan karena semakin banyaknya atau rapatnya pilinan dan artinya semakin pendeknya jarak kabel yang dapat dijangkau oleh sinyal, sehingga dalam tekik pemilinan harus bisa menemukan keseimbangan. Pada kabel STP juga diberikan pelindung pada lilitan untuk menambah keamanan pada saat saling bertukar data. selain dililitkan, juga mempunyai proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar (faktor eksternal) kabel berupa lapisan kertas alumunium foil, sebelum jaket pembungkus luar dan untuk mengatasi kebocoran.



Letak perbedaan kabel UTP dan STP juga perihal ruang lingkupnya. Penggunaan STP lebih luas dibandingkan UTP, tak sekedar dalam penyusunan jaringan LAN saja. Jenis ini sering digunakan pada beberapa peralatan elektronik seperti radio, televisi, komputer ataupun pesawat telepon.
Perbedaan harga kabel UTP dan STP terlampau jauh. STP harganya jauh lebih mahal, namun kualitas yang ditawarkan lebih unggul dan premium. Pengiriman data dalam jaringan LAN lebih terjamin dan cepat. Begitu pula daya tahan terhadap beberapa faktor eksternal yang bisa memperlambat proses transfer data.
Untuk perkembangan tipe kabel STP dan cara memasangnya bisa anda lihat pada artikel sebelumnya yaitu MENGENAL DAN MEMAHAMI KABEL UTP(Unshielded Twisted Pair) DENGAN MUDAH dan konfigurasi kabel utp. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.


Post a Comment

Previous Post Next Post