Pemasaran (marketing) merupakan
salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu menciptakan nilai ekonomi.
Nilai ekonomi inilah yang menjadi penentu harga barang dan jasa. Selain
pemasaran, terdapat pula faktor penting penentu nilai ekonomi tersebut, seperti
produksi serta konsumsi.
Pemasaran sebagai penghubung antara kegiatan
produksi dengan konsumsi. Banyak para ahli yang telah memberikan definisi
atau pengertian tentang pemasaran ini.
Tentunya definisi yang diberikan akan berbeda menurut ahli yang satu dengan
ahli lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan pandangan dari para
ahli tersebut mengenai pemasaran ini. Berikut adalah beberapa definisi
atau pengertian pemasaran menurut beberapa ahli:
PENGERTIAN PEMASARAN MENURUT
PARA AHLI
Philp Kotler
Pemasaran adalah suatu proses social yang didalamnya terdiri
dari individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan
produk dan nilai dengan pihak lain.
William J. Stanton
Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan –
kegiatan binis yang ditujukan untuk merencanakan, menetukan harga,
mepromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan,
baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Boyd, Walker, Larreche
Pemasaran adalah suatu proses analisis, perencanaan,
implementasi, koordinasi dan pengendalian program pemasaran yang meliputi
kebijakan produk, harga, promosi, dan distribusi dari produk, jasa, dan ide
yang ditawarkan untuk menciptakan dan meningkatkan pertukaran manfaat dengan
pasar sasaran dalam upaya pencapaian tujuan organisasi.
WY. Stanton
Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang
berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan
mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan
kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Philip dan Duncan
Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai
atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible (jelas atau
berbentuk) ke tangan konsumen.
Dari beberapa pengertian
pemasaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa, pemasaran adalah
suatu sistem dari kegiatan bisnis yang terpadu, dirancang sedemikian rupa untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang atau jasa
yang dapat memuaskan keinginan konsumen serta mencapai target/sasaran pasar dan
tujuan perusahaan melalui proses transaksi/pertukaran. Dan pada dasarnya
Pemasaran tidak boleh dilepaskan dari 4P (Price, Produck,
Place, dan Promotion). Apa itu 4P? Berikut adalah
pembahasannya.
4P DALAM
PEMASARAN (MARKETING)
Dalam menjalankan suatu rencana
maupun strategi, dibutuhkan hal-hal mendasar yang mendukung ketercapaian
rencana atau strategi tersebut. Demikian juga halnya dengan pemasaran.
Hal-hal yang mendasar dalam proses pemasaran (marketing)
yaitu 4P (Price, Produck, Place,
dan Promotion). Berikut adalah penjabarannya:
Product (Produk)
Produk adalah barang atau jasa yang
didesain sedemikian rupa dengan tujuan untuk dipasarkan. Produk yang
berkualitas akan memiliki nilai jual tinggi, serta akan mampu menarik calon
pelanggan untuk membelinya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan
produk/jasa yaitu: fungsi; kualitas; kemasan; penampilan; layanan; dukungan;
dan garansi.
Price (Harga)
Setelah produk dan jasa yang kita
ingin pasarkan telah ada, barulah kita menetukan harga jual produk/jasa kita
tersebut. Harga adalah besaran uang yang harus diberikan oleh pelanggan kepada
kita, untuk dapat menggukan produk atau jasa kita. Harga ini bisa saja murah
atau mahal, hal ini disesuaikan dengan target market kita.
Place (Tempat)
Tempat (place) juga
berpengaruh terhadap keberhasilan pemasaran. Tempat yang strategis akan lebih
mengundang banyak pelanggan baru, ketimbang tempat yang sulit dijangkau oleh
pelanggan. Tentukanlah tempat yang tepat untuk toko produk/jasa kita. Yang
perlu diperhatikan dalam menentukan tempat adalah lokasi mudah dijangkau,
strategis dan jangkauan dukungan seperti website, telepon dall.
Promotion (Promosi)
Promosi adalah hal terpenting dalam proses
marketing. Kunci keberhasilan dalam proses pemasaran ditentukan oleh promosi
ini. Karena promosilah yang pada dasarnya menawarkan produk atau jasa kita
dipilih dan dibeli oleh pelanggan. Dalam melakukan promosi, ada beberapa hal
yang umumnya dilakukan seperti periklanan, penjualan langsung, public relations (hubungan masyarakat), media, serta penentuan
anggaran.
إرسال تعليق